Kadiskominfo Pekanbaru Hadiri Sosialisasi Kekominfo RI, Paparkan Realisasi Call Center 112 di Pekanbaru

Kadiskominfo Pekanbaru Hadiri Sosialisasi RI, Paparkan Realisasi Call Center 112 di Pekanbaru

ILINE PEKANBARU - Kepala Dinas Komunikasi, Informasi, Statistik dan Persandian (Diskominfotiksan) Kota Pekanbaru, Raja Hendra Saputra menghadiri dan menjadi pembicara pada Agenda Sosialisasi Kebijakan dan Implementasi Layanan Nomor Tunggal Panggilan Darurat (Call Center 112), yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) RI di Premier Hotel Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, Selasa (23/07/2024).

Agenda ini dibuka oleh PIC Layanan Panggilan Darurat (call center) 112 Direktorat Pengembangan Pitalebar Kominfo, Agung Setio Utomo, serta dihadiri oleh Sekretaris Diskominfo Riau Devi Rizaldi mewakili Kepala Diskominfo Riau, Ikhwan Ridwan serta jajaran Kepala Diskominfo, BPBD, Damkar, dan Tim Rescue dari provinsi dan kabupaten/kota se-Indonesia.

"Layanan nomor tunggal darurat 112 merupakan layanan yang mengintegrasikan semua jenis panggilan darurat. Mulai dari bencana alam, kecelakaan, dan hal-hal darurat lainnya. Kota Pekanbaru adalah kota ke-26 di Indonesia yang sudah merealisasikan layanan ini. Dengan sosialisasi yang kita gelar hari ini, kita berharap kepala daerah dan kepala instansi lain dapat memahami bagaimana aplikasi, pedoman dan teknis penerapan layanan 112," ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Diskominfo Riau, Devi Rizaldi mengatakan layanan 112 apabila diterapkan dengan baik memiliki dampak yang sangat berguna bagi masyarakat.

"Karena dengan satu nomor panggilan. Kejadian darurat apapun yang membutuhkan bantuan, seperti ambulance, pemadam kebakaran, dan sebagainya bisa dihubungi dengan menekan angka 112 yang juga cukup mudah diingat," jelasnya.

Lebih lanjut, Kepala Diskominfotiksan Kota Pekanbaru, Raja Hendra Saputra menyampaikan Call Center 112 sudah direalisasikan di Kota Pekanbaru sejak tahun 2018. Layanan ini siaga selama 24 jam dalam sehari untuk mengantisipasi dan memberikan pertolongan kepada masyarakat saat keadaan darurat.

"Call Center 112 Pekanbaru Siaga diluncurkan oleh Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Kominfo Republik Indonesia, PROF. DR. H. Ahmad M. Ramli, dan Walikota Pekanbaru. DR. H. Firdaus, di halaman Kantor Walikota Pekanbaru, bertepatan dengan Upacara Peringatan HUT Korpri ke-47 pada 29 November 2018 lalu," paparnya.

Call Center 112 di Kota Pekanbaru, menurutnya bukan hanya melayani kedaruratan manusia, melainkan juga keadaan darurat yang menimpa hewan.

"Sejak tahun 2018 kita sudah siaga melayani keadaan darurat baik manusia maupun hewan. Selain sebagai layanan cepat tanggap keadaan darurat, layanan ini juga menjadi alat bagi Pemko Pekanbaru untuk mencatat persentase keadaan darurat, memetakan daerah rawan serta menganalisis kinerja dinas-dinas terkait," pungkasnya.

(Ar)